Kumpulan Kata-Kata Mutiara Islam Sebagai Penyejuk Hati

Dalam menjalani hidup, tentu bukan hanya kebahagiaan yang dirasakan manusia. Sering kali problem tiba-tiba tiba dan membuat perasaan gundah gulana. Nah, kalau kau seorang muslim yang sedang resah lantaran diterpa problem kehidupan, barangkali kata-kata mutiara Islam berikut bisa menenangkan hatimu.

Tidak ada orang yang ingin merasa sedih. Namun terkadang, ada saja problem yang tiba tanpa permisi dan membuat hari-hari menjadi suram. Dalam kondisi mirip itu, mungkin kutipan motivasi mirip kata-kata mutiara Islam bisa membangkitkan semangat maupun sekadar meredakan kegundahan.
Risalah Tuhan dan perkataan orang-orang saleh dengan kebijaksanaan luar biasa bisa menghadirkan kekuatan tersendiri bagi yang mempercayainya. Problem apa pun yang sedang dihadapi jadi terasa kecil dan tak ada artinya lantaran ada Allah yang selalu ada untuk hamba-Nya.
Orang-orang beriman yakin, bahwa problem merupakan bentuk ujian dari-Nya. Barang siapa bersabar dalam ujian tersebut, maka akan mendapat kedudukan yang lebih tinggi lagi di sisi Allah. Namun, sebagai insan biasa, rasanya masuk akal saja kalau perasaan sedih menyelip dalam hati ketika ditimpa cobaan yang begitu berat.
Nah, kalau kau yaitu salah satu orang yang sedang gundah dan membutuhkan kata-kata bijak mutiara Islam bermakna mendalam, kau tiba ke daerah yang tepat! Temukan kutipan favoritmu di antara 30 kutipan di bawah ini, siapa tahu bisa menenangkan hati atau menawarkan semangat gres bagimu. Selamat membaca!

 Bijak Mutiara Islam Penambah Semangat Hidup
 tentu bukan hanya kebahagiaan yang dirasakan insan Kumpulan Kata-Kata Mutiara Islam Sebagai Penyejuk Hati

1. Balas Dendam Terbaik

Balas dendam terbaik yaitu menjadikan dirimu lebih baik.Ali bin Abi Thalib
Sejak kau dilahirkan hingga ketika ini, mungkin kau telah mengenal ratusan atau bahkan ribuan orang. Dari semua orang yang kau kenal, barangkali ada orang-orang yang senang menghinamu baik secara terang-terangan maupun menggunjing dari belakang.
Rasa sakit hati yang menumpuk jawaban hinaan orang-orang bisa saja mengakibatkan rasa dendam di hati. Namun, daripada membalas dengan cara yang salah, alangkah baiknya kalau kau berusaha untuk menjadi eksklusif yang lebih baik dan pertanda bahwa hinaan-hinaan yang mereka lontarkan itu tidak benar.

2. Kembali dalam Bentuk Lain

Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain.Jalaludin Rumi
Tidak ada insan yang tidak pernah kehilangan. Di ketika merasa kehilangan, tak jarang orang menjadi terpuruk dalam kesedihan yang mendalam.
Nah, kalau kau sedang berduka jawaban kehilangan sesuatu, maka kata-kata bijak bernuansa Islam yang satu ini sangat cocok untukmu. Sesuatu yang hilang itu bisa saja justru digantikan dengan yang lebih baik.

3. Kemudahan Bersama Kesulitan

Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.QS Al Insyirah 5
Dalam menjalani kehidupan, mungkin kau sering kali mencicipi yang namanya kesulitan. Entah kesulitan ekonomi, kesulitan mendapat jodoh, kesulitan menuntaskan pendidikan, dan lain-lain.
Namun, jangan hingga hal-hal tersebut membuatmu merasa putus asa. Karena Allah telah menjanjikan, pada tiap-tiap kesulitan, maka ada fasilitas yang menyertainya. Asalkan, kau tak berhenti berdoa dan berusaha.

4. Berpikir Positif

Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu.Ali bin Abi Thalib
Jalan hidup insan berbeda-beda. Ada yang datar saja dengan masalah-masalah yang tidak seberapa. Namun, ada juga yang ditempa dengan masalah-masalah yang teramat berat.
Ketika menjalani kehidupan yang jalannya ekstem bagaikan lintasan roller coaster, yang bisa kau lakukan yaitu terus berpikiran positif. Hal itu akan membantumu untuk mendapat jalan keluar terbaik.

5. Selalu Bersama Kita

Janganlah kau berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita.QS At Taubah 40
Kesedihan yaitu perasaan yang masuk akal dialami oleh manusia. Mendapati sebuah problem yang begitu berat atau kehilangan sesuatu yang begitu berarti sering kali membuat seseorang terlarut dalam murung yang mendalam.
Apabila kau juga sedang mencicipi hal demikian, mungkin kata-kata bijak mutiara Islam yang dikutip dari ayat Quran di atas bisa menawarkan suntikan semangat bagimu. Ingatlah bahwa Allah selalu bersamamu.

Kata Bijak Motivasi Islami wacana Kehidupan

 tentu bukan hanya kebahagiaan yang dirasakan insan Kumpulan Kata-Kata Mutiara Islam Sebagai Penyejuk Hati

1. Jangan Menjelaskan wacana Dirimu

Jangan menjelaskan wacana dirimu kepada siapa pun, lantaran yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu.Ali bin Abi Thalib
Adalah suatu kemustahilan bahwa semua orang yang kita kenal selama hidup menyukai kita. Bahkan, orang dengan hati semulia Nabi Muhammad SAW pun ada saja yang tidak menyukai, apalagi kita yang mempunyai banyak kekurangan.
Namun, adakalanya mereka membenci bukan lantaran kekurangan kita, melainkan lantaran merasa iri dan dengki. Jika sudah begitu, maka sikap baikmu pun akan terasa salah di mata mereka. Oleh karenanya, teruslah berbuat baik tanpa harus memedulikan komentar orang lain.

2. Garam Kehidupan

Air mata berasa asin itu lantaran air mata yaitu garam kehidupan.Buya Hamka
Ketika mencicipi kesusahan, tak jarang orang mengeluarkan air mata untuk mengekspresikan perasaan. Namun bagi sebagian orang lain, air mata yang jatuh bisa sekaligus mengurangi rasa sakit di hati.
Kamu sedang mempunyai problem yang mengakibatkan perasaan sesak? Menangislah kalau itu bisa membuatmu merasa lega. Selanjutnya, kau bisa mengambil pesan yang tersirat dari air mata yang tertumpah. Rasanya yang asin merupakan bukti bahwa murung yaitu garam dalam kehidupan. Tanpa hal tersebut, mungkin hidupmu akan terasa hampa.

3. Keluarga Sakinah

Keluarga sakinah bukan keluarga yang tanpa masalah, tapi mereka terampil mengelola konflik menjadi buah yang penuh hikmah.Abdullah Gymnastiar
Kamu sudah berumah tangga? Merasa jengkel lantaran batu-batu sandungan selalu hadir dalam perjalanan hidupmu bersama pasangan? Jika ya, maka kata-kata bijak Islam dari dai yang populer dengan nama Aa Gym tersebut barangkali bisa menenangkan hatimu.
Tidaklah mungkin perahu rumah tangga berlayar tanpa terjangkit badai. Yang harus kau lakukan ketika itu terjadi yaitu menghadapinya dengan sabar bersama pasangan dan berusaha mengambil pesan yang tersirat dari adanya cobaan tersebut.

4. Suka Menyalahkan

Kita yaitu makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa problem biasanya dari dalam.Abu Hamid Al Ghazali
Saat sedang mengalami kesusahan, mungkin kau akan menyalahkan orang-orang di sekitarmu. Kamu menuduh mereka sebagai penyebab problem tersebut muncul.
Bahkan, barangkali kau juga menyalahkan Allah dikarenakan telah memberimu ujian yang demikian berat. Padahal, bisa jadi kesusahan yang sedang kau alami merupakan jawaban dari kesalahanmu sendiri, hanya saja mungkin kau tidak menyadarinya lantaran hatimu terselimuti ego yang tinggi.

5. Ibarat Bayangan

Dunia ini menyerupai bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.Ibnu Qayyim Al Jauziyyah
Kelebihan harta tak bisa dipungkiri merupakan hal yang teramat menarik bagi manusia. Untuk mendapat harta yang banyak, tak jarang orang-orang bekerja terlalu keras hingga melupakan ibadah.
Padahal mirip kata-kata motivasi di atas, asalkan kerja yang kau lakukan nrimo dan tanpa meninggalkan ibadah, maka dunialah yang akan mengikutimu. Seperti bayangan yang mengikuti di belakang kemana pun kau pergi.

Kata-Kata Mutiara Islam wacana Cinta

 tentu bukan hanya kebahagiaan yang dirasakan insan Kumpulan Kata-Kata Mutiara Islam Sebagai Penyejuk Hati

1. Orang Baik Hanya untuk yang Baik

Wanita-wanita yang baik yaitu untuk pria yang baik dan pria yang baik yaitu untuk wanita-wanita yang baik pula.QS An Nuur 26
Kehilangan orang yang dicintai selalu meninggalkan rasa sakit. Apa pun alasannya pergi, tetap saja menyisakan gesekan mendalam di hati.
Namun, kalau kau merasa sudah melaksanakan hal terbaik untuknya tapi ia tetap berkeras untuk pergi, barangkali kutipan ayat di atas bisa menawarkan semangat bagimu. Mungkin ia memang tidak baik dan Allah akan menggantikannya dengan seseorang yang pantas untukmu.

2. Karena Agamamu

Aku mencintaimu lantaran agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu.Imam An Nawawi
Hubungan dalam Islam hendaknya didasari oleh rasa cinta kepada Allah. Orang yang menyayangi Allah dengan sepenuh hati akan menarik lawan jenis yang juga menyayangi Allah sehingga bisa bahu-membahu menggapai rida Allah dalam kekerabatan yang halal.
Namun, ketika keimanan luntur atau bahkan agama tergadaikan, maka tak ada lagi alasan untuk bersama. Karena, tujuan pernikahan yaitu semata-mata untuk beribadah kepada Sang Pencipta.

3. Cinta yaitu Penguat Hati

Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan mengakibatkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam usaha menempuh onak dan duri penghidupan.Buya Hamka
Banyak orang yang mengartikan cinta sebagai pembawa rasa sakit dan keputusasaan. Tak jarang, cinta juga dianggap sebagai alasan melemahnya kekuatan hati.
Padahal, dengan cintalah cita-cita bisa terus bertumbuh. Dengannya pula, seseorang bisa tetap besar lengan berkuasa menjalani ujian hidup yang melanda meski bertubi-tubi.

4. Tak Pernah Meminta untuk Menanti

Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama yaitu keberanian, yang kedua yaitu pengorbanan.Salim A. Fillah
Saat ini ada banyak sekali laki-laki yang mengaku menyayangi seorang wanita. Namun, ia meminta wanitanya untuk menunggu selama tiga, empat, atau bahkan lima tahun untuk bisa bersanding di pelaminan. Padahal kalau benar-benar serius, ia tidak akan meminta pujaan hatinya menunggu selama itu.
Dengan penuh keberanian ia akan segera meminangnya, tapi kalau belum mampu, maka akan merelakannya untuk bersanding dengan lelaki lain. Karena pria itu tahu bahwa sang wanita tidak pantas untuk digantungkan tanpa kepastian.


5. Bisa Meninggalkanmu

Jangan menyayangi orang yang tidak menyayangi Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu.Imam Asy Syafi’i
Terkadang seseorang bisa jatuh cinta lantaran terpikat pada kerupawanan wajah, kelembutan sikap, atau bahkan banyaknya harta. Akan tetapi, sebaik-baik rasa cinta yaitu yang lantaran Allah.
Apa jadinya nanti kalau kau menyayangi seseorang yang tidak menyayangi Allah? Tuhan yang membuat dirinya dan memberi banyak nikmat saja ditinggalkannya, apalagi kamu.

Kata-Kata Bijak Mutiara Islam wacana Ilmu
 tentu bukan hanya kebahagiaan yang dirasakan insan Kumpulan Kata-Kata Mutiara Islam Sebagai Penyejuk Hati

1. Ilmu dan Iman

Iman tanpa ilmu bagaikan lentera di tangan bayi. Namun ilmu tanpa iman bagaikan lentera di tangan pencuri.Buya Hamka
Sebagai seorang muslim, keimanan sudah barang tentu merupakan suatu hal yang harus tertanam dalam jiwa. Akan tetapi, dogma menjadi kurang terkontrol dengan baik tanpa adanya ilmu.
Meski ilmu itu sesuatu yang ditinggikan dalam Islam, tapi tak ada artinya juga bila tanpa diiringi keimanan. Oleh lantaran itulah perumpamaannya mirip kata-kata mutiara bijak bernuansa Islam di atas.

2. Perbedaan Ilmu dan Harta

Harta itu berkurang apabila dibelanjakan, tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan.Ali bin Abi Thalib
Banyak orang yang lebih menentukan harta dibandingkan ilmu. Padahal harta akan berkurang ketika kita menggunakannya, sedangkan ilmu tidak akan berkurang dan justru bisa bertambah ketika kita gunakan.
Berbagi ilmu akan membuat ilmu tersebut semakin lekat di otak kita. Saat sesi diskusi pun akan ada pengetahuan-pengetahuan gres yang kita dapatkan sehingga ilmu akan bertambah.

3. Ibarat Gula

Orang berakal pengetahuan menyerupai gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya.Abdullah Gymnastiar
Orang yang mempunyai ilmu selalu mempunyai nilai lebih dibandingkan yang tidak berilmu. Maka dari itu, tidaklah mengherankan kalau orang-orang tak berakal banyak yang mendatangi orang berakal untuk sekadar bertanya wacana perkara-perkara yang tidak mereka ketahui.
Hal tersebut bisa diibaratkan mirip gula yang dikerubungi semut lantaran manfaat yang ada padanya. Tak hanya itu, orang berakal juga bagaikan cahaya yang menerangi diri dan sekitarnya dari gelapnya kebodohan.

4. Menjadi Bodoh Selamanya

Barang siapa belum mencicipi pahitnya berguru walau sebentar, maka akan mencicipi hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.Imam Asy Syafi’i
Tidak ada proses pembelajaran yang terasa mudah. Untuk mendapat ilmu yang diinginkan, sering kali seseorang harus mengorbankan waktu maupun harta. Bahkan lantaran beratnya, tak jarang pula ada yang mengalah di tengah jalan.
Nah, kalau kau yaitu salah satu orang yang sedang mencicipi lelahnya berguru sehingga ingin menyerah, perhatikan kata-kata mutiara Islam yang bijak di atas. Berhentilah berguru kalau ingin berhenti, tapi jangan menyesal lantaran selamanya kau akan mencicipi hinanya kebodohan.

5. Kelebihan Ilmu

Menuntut ilmu adalah takwa. Menyampaikan ilmu yaitu ibadah. Mengulang-ulang ilmu yaitu zikir. Mencari ilmu yaitu jihad.Abu Hamid Al Ghazali
Ilmu mempunyai kedudukan yang tinggi dalam agama Islam. Bukan hanya ketika proses mendapat ilmu, memberikan ilmu pun mempunyai nilai pahala di sisi Allah SWT.
Oleh lantaran itu, tidaklah salah kalau Abu Hamid Al Ghazali, seorang ulama kenamaan dari Persia, mencetuskan kata-kata bijak mutiara Islam mirip di atas. Semua proses dalam mendapat maupun mengajarkan ilmu, masing-masing menawarkan manfaat yang teramat besar bagi pelakunya.

Kata-Kata Bijak Bernuansa Islam semoga Selalu Sabar Menghadapi Masalah

 tentu bukan hanya kebahagiaan yang dirasakan insan Kumpulan Kata-Kata Mutiara Islam Sebagai Penyejuk Hati

1. Berbalik Padanya

Barang siapa menyalakan api fitnah, maka ia sendiri yang akan menjadi materi bakarnya.Ali bin Abi Thalib
Dalam perjalanan hidup, tentunya tak hanya satu jenis problem yang akan dirasakan manusia. Dari sekian banyak jenis masalah, difitnah orang yaitu salah satu yang paling menyebalkan. Dituduh melaksanakan sesuatu padahal bahwasanya tidak, terasa sangat menjengkelkan, bukan?
Akan tetapi, sebaik-baiknya sikap dalam menghadapinya yaitu dengan bersabar. Jika kau membalas kejahatan orang lain dengan kejahatan pula, maka apa bedanya kau dengan mereka? Fitnah merupakan salah satu perbuatan paling keji dalam Islam. Karenanya, orang yang menyalakan api fitnah akan menjadi materi bakar api neraka.

2. Sabar dan Sholat

Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.QS Al Baqarah 153
Saat hati terluka lantaran sesuatu, bersabar atasnya yaitu hal yang tidak mudah. Namun bagi orang-orang yang beriman, Allah hanya menyuruhnya untuk bersabar dan tetap melaksanakan salat.
Ibadah salat itu bagaikan air penyejuk bagi api yang memperabukan hati, menjadikan perasaan tenang dan damai. Allah selalu bersama orang-orang yang sabar, begitulah janji-Nya yang tertera dalam surat Al Baqarah ayat 153.

3. Bersabar atas Ketetapan-Nya

Kemampuan mencicipi nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan.Abdullah Gymnastiar
Tidak semua orang bisa mencicipi nikmatnya rasa sabar. Ikhlas menghadapi segala ujian dan cobaan dari-Nya hanya bisa dilakukan oleh orang yang beriman, begitulah kata-kata mutiara Islam yang diucapkan Aa Gym.
Seorang mukmin (orang beriman) akan meyakini bahwa kesusahan yang didapatkannya yaitu bentuk kasih sayang Allah padanya. Semua yaitu serpihan dari takdir yang telah ditetapkan oleh-Nya.

4. Bersabar dan Memaafkan yaitu Hal Utama

Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.QS Asy-Syuura 43
Pernahkah kau disakiti orang lain? Apakah kau bisa memaafkannya begitu saja sehabis itu terjadi? Jika kau masih merasa sulit untuk memaafkan, mungkin kata-kata bijak mutiara Islam yang dikutip dari Quran tersebut bisa membuka hatimu.
Memang tidak gampang memaafkan orang yang telah menyakiti. Namun, kalau bisa melakukannya, maka kau yaitu orang yang teramat luar biasa, lantaran sikap sabar dan pemaaf merupakan salah satu hal yang diutamakan oleh Allah.

5. Sabar Ibarat Kepala

Ketahuilah bahwa sabar, kalau dipandang dalam permasalahan seseorang yaitu menyerupai kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan badan itu akan membusuk. Sama halnya, kalau kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.Ali bin Abi Thalib
Dalam menghadapi suatu permasalahan diharapkan sikap sabar dan tetap tenang untuk mencari jalan keluar terbaik. Tanpa kesabaran dan ketenangan, seseorang hanya akan membuat keputusan berdasarkan emosinya.
Oleh lantaran itu, tidaklah salah rasanya kalau kesabaran diumpamakan mirip kepala. Tanpa kepala, badan insan akan membusuk hingga risikonya hancur. Begitu pun dengan sikap sabar, tanpa kesabaran maka problem akan jadi semakin hancur jawaban keputusan yang salah.

Kata-Kata Bijak Mutiara Islam untuk Menghindarkan Diri dari Rasa Iri

 tentu bukan hanya kebahagiaan yang dirasakan insan Kumpulan Kata-Kata Mutiara Islam Sebagai Penyejuk Hati

1. Memakan Amal Kebaikan

Jauhilah dengki, lantaran dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar.Nabi Muhammad SAW
Melihat tetangga membeli kendaraan beroda empat baru, tidak senang. Mengetahui sahabat mendapat pekerjaan yang bagus, tidak senang juga. Bahkan, mungkin sehabis itu kau mengharapkan kebahagiaan itu sirna dari hidupnya. Pernahkah kau merasa demikian?
Inilah yang dinamakan rasa iri dan dengki. Hati-hati, perasaan negatif itu bisa memperabukan amal kebaikan yang selama ini sudah kau lakukan. Kamu tidak mau, kan, kalau ibadahmu selama ini jadi sia-sia hanya lantaran iri dan dengki?

2. Kecantikan yang Abadi

Kecantikan yang infinit terletak pada keelokan moral dan ketinggian ilmu seseorang. Bukan terletak pada wajah dan pakaiannya.Buya Hamka
Mungkin memiliki wajah cantik dan baju-baju bagus yaitu dambaan setiap wanita. Ke mana pun pergi ada saja orang yang memperhatikan. Namun, bagaimana kalau kita ditakdirkan untuk tidak mempunyai keduanya? Apakah kita akan menyalahkan Allah atas takdir yang telah digariskan untuk kita?
Tak perlu bersedih, lantaran mirip yang tertera pada kata-kata bijak mutiara Islam di atas, kecantikan yang infinit tercermin dalam moral dan tingginya ilmu seseorang. Semua itu akan kekal, sedangkan kecantikan maupun harta bisa saja hilang dalam sekejap.

3. Melihat Hati dan Amal

Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian.Nabi Muhammad SAW
Di dunia ini, tidaklah sedikit orang yang berlomba-lomba untuk mengumpulkan harta yang banyak maupun berusaha memperindah rupa. Banyak yang beranggapan kalau keduanya yaitu modal utama untuk mendapat perhatian dan kekuasaan di antara manusia.
Padahal, tidak satu pun dari keduanya yang bermanfaat dan dibawa ketika mati. Harta akan ditinggalkan, sedangkan bentuk rupa akan hancur dan kembali menjadi tanah. Hanya hati yang baik dan amal ibadahlah yang berarti di sisi Allah.

4. Lebih Berkah

Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan bisa mensyukuri sesuatu yang banyak.HR. Ahmad
Mungkin ketika ini kau sedang merasa kesal lantaran sekeras apa pun kau berusaha, materi atau harta yang kau dapatkan tidak bisa sebanyak temanmu yang bahkan tidak perlu bekerja keras. Hal itu membuatmu merasa iri sehingga berpikir bahwa Allah begitu kejam padamu.
Nah, sebelum rasa bencimu pada Sang Pencipta menjadikan kau seorang yang kufur nikmat, simak dulu kata-kata bijak mutiara Islam di atas. Mungkin Allah belum membukakan pintu rezekimu lebar-lebar lantaran kau masih sulit bersyukur meski atas nikmat yang sedikit sekali pun. Bukankah harta sering kali menjadi penyebab insan semakin lalai dari Allah?

5. Mengendalikan Hawa Nafsu

Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang kalau gagal dikendalikan, maka kita akan menjadi penghuni neraka.Abu Hamid Al Ghazali
Rasa iri dan dengki termasuk salah satu jenis nafsu yang sangat umum dirasakan manusia. Melihat orang lain mendapat nikmat, mungkin kemudian dengan mudahnya insan menyalahkan Allah yang tidak menawarkan nikmat serupa. Parahnya lagi, rasa tidak bersyukur ini adakalanya diikuti dengan melaksanakan tindakan tidak terpuji mirip mencuri, korupsi, menipu, dan lain-lain.
Karena itulah Imam Al Ghazali, seorang ulama kenamaan dari Persia menyampaikan bahwa hawa nafsu bahkan lebih besar dari gunung dan lautan. Jika bisa mengalahkannya, maka insan akan mendapat kenikmatan infinit di akhirat. Namun kalau tidak, insan akan menjadi penghuni neraka yang apinya menyala-nyala.

Jadikan Kata-Kata Bijak Mutiara Islam sebagai Penyejuk Hati

Setelah membaca kata-kata bijak mutiara Islam di atas, manakah yang menurutmu paling cocok untuk kondisimu ketika ini? Dengan membacanya, semoga beban yang ketika ini sedang menggelayuti hatimu bisa sedikit berkurang.
Namun, kalau masih saja ada rasa mengganjal yang tertinggal, mungkin menyebarkan dongeng dengan sahabat sambil menyeruput secangkir kopi bisa menjernihkan pikiranmu. Setelah beban hati mereda, kau bisa melanjutkan acara mirip biasa atau mencari jalan keluar terbaik untuk problem yang sedang kau hadapi ketika ini,” semoga bermanfaat