Royal Golden Eagle dan Tanoto Foundation Membangun Mental Pemimpin Melalui Program TELADAN

Sumber: pexels.com

Mereka yang berpendidikan memiliki kesempatan lebih besar untuk meraih kesuksesan. Pandangan tersebut selalu melekat dalam benak Sukanto Tanoto yang merupakan sosok pendiri sekaligus pemimpin grup bisnis Royal Golden Eagle. Meski dulu ia sempat berhenti dari jenjang sekolah menengah atas, Sukanto Tanoto pada akhirnya melanjutkan studinya hingga ke jenjang universitas. Semua itu ia lakukan karena menyadari bahwa pendidikan memang sangat penting untuk menggapai kesuksesan yang lebih tinggi.

Pandangan ini kemudian mendorong Sukanto Tanoto dan istri untuk mendirikan sebuah organisasi filantropi independen bernama Tanoto Foundation. Pendidikan pun menjadi fokus utama dari organisasi tersebut. Tidak berhenti di situ saja, organisasi yang didirikan oleh pemimpin tertinggi grup bisnis Royal Golden Eagle tersebut juga membuka kesempatan bagi generasi muda yang ingin mengembangkan kemampuan kepemimpinannya.

Program TELADAN, Cara Tanoto Foundation Cetak Pemimpin Masa Depan

Jiwa kepemimpinan tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang menempati posisi atau jabatan tinggi. Setiap orang membutuhkannya apapun posisi mereka dalam komunitas masyarakat.

Mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan memiliki kapasitas lebih untuk berkontribusi. Mereka memiliki kemampuan untuk membawa dampak bagi lingkungan sekitar. Atas dasar inilah, melalui Tanoto Foundation, sang pendiri Royal Golden Eagle merasa bahwa pendidikan kepemimpinan itu juga penting. Berawal dari pandangan seperti inilah program TELADAN terlahir.

TELADAN (Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan) merupakan sebuah program yang digagas oleh Tanoto Foundation yang secara khusus bertujuan untuk mendidik anak-anak muda menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan mereka.

Program ini terbuka untuk mahasiswa S1 semester I dari universitas-universitas yang sudah bekerja sama dengan Tanoto Foundation. Dalam program ini, peserta program atau yang biasa disebut Tanoto Scholars akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program-program yang bisa memberi pengalaman global. Kesempatan untuk belajar di luar negeri juga terbuka lebar.

Beasiswa pendidikan dari semester II hingga semester VIII juga akan diberikan kepada Tanoto Scholars. Bukan hanya itu saja, para peserta juga akan mendapatkan uang saku setiap bulannya hingga semester VIII.

Sudah cukup banyak universitas yang telah tergabung dalam program TELADAN ini. Universitas tersebut di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Universitas Riau, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Andalas dan Universitas Brawijaya.

Membangun Bangsa Lewat Jalur Pendidikan

Tanoto Foundation merupakan sebuah organisasi filantropi yang didirikan atas dasar keprihatinan sang pendiri grup bisnis Royal Golden Eagle, Sukanto Tanoto akan pendidikan di Indonesia. Menurut pandangannya dan istri, setiap orang seharusnya berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Sayangnya, kualitas pendidikan seperti ini seakan masih terbatas di kota-kota besar saja.

Membangun TK dan SD di Besitang, Sumatera Utara pada tahun 1981 adalah tonggak awal berdirinya Tanoto Foundation. Sejak saat itu, Sukanto Tanoto dan istri terus mengembangkan visi sosialnya. Hingga tahun 2001, Tanoto Foundation akhirnya resmi berdiri.

Program-program yang berfokus pada pendidikan rutin dilakukan oleh organisasi bentukan sang pendiri Royal Golden Eagle ini. Program TELADAN misalnya. Program pendidikan kepemimpinan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Selain itu, Tanoto Foundation juga memiliki program peningkatan kualitas guru. Modul pendidikan dibuat untuk membantu para guru binaan dalam mengembangkan kemampuannya dalam mengajar. Tanoto Foundation bahkan menjalin kerja sama dengan platform bimbingan belajar online Ruang Guru untuk memudahkan para guru binaan mendapatkan bahan ajar.

Kualitas sumber daya manusia hanya bisa dikembangkan melalui pendidikan berkualitas. Inilah yang menjadi motif Tanoto Foundation dan sang pendiri Royal Golden Eagle untuk terus berkontribusi dalam dunia pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *